Situs Belajar Kita

Selasa, 16 September 2008

MEMBUAT DOKUMEN TANPA MENGETIK

Suatu hari saya kelimpungan karena file Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diketik menggunakan microsoft word tidak bisa dibuka karena virus. Tindakan yang dilakukan dengan melakukan scanning menggunakan anti virus tidak dapat mengembalikan file tersebut ke kondisi semula, padahal besok harus berkonsultasi dengan pembimbing. Untuk mengetik ulang materi PTK tersebut jelas tidak cukup waktunya.
Permasalahan seperti ini tentu juga dialami oleh banyak orang termasuk para blogger. Dan tentu sangat merepotkan atau bahkan merugikan. Setelah tanya teman terhadap permasalahan yang saya hadapi, ada solusi untuk mengatasinya. Teman tersebut menyarankan untuk menggunakan fasilitas Scanner. Saya tidak sempat berpikir untuk menggunakan scanner karena didalam pikiran saya scanner hanya untuk menggandakan foto. Kebetulan materi bimbingan terdahulu masih ada dalam bentuk hard copy.
Bagaimana menggandakan dokumen tanpa mengetik. Inilah langkahnya :

  1. Instal scanner yang ada fasilitas OCR ke dalam komputer.
  2. Setelah terinstal, buka start - all program - scanner
  3. Terlihat layar sebagai berikut :
  4. Masukkan dokumen kertas ke dalam scanner kemudian tutup kembali
  5. Ubahlah tombol scan to menjadi OCR dengan menekan lebih lama sehingga layar berubah sbb :
  6. Untuk melihat hasil scan dengan menekan preview.
  7. Simpanlah hasil scan ke dalam komputer.

Cara ini sangat membantu kita membuat dokumen dalam ekstensi .doc atau pdf dengan cepat, tetapi akan kesulitan jika dokumen yang kita scan berupa tabel. Selamat mencoba !

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda